Layanan informasi tentang teknologi dan komputer ada di sini

Pengunjung yang budiman, Ashar Greenlife mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda gunakanlah teknologi informasi untuk menambah wawasan anda dan sebagasi wadah untuk memperbanyak amal dan berbagi kepada sesama. SEMOGA BERMANFAAT .

SETIAP LANGKAH ADALAH PILIHAN

Ketika engkau mengambil keputusan pasti ada resiko mengikut dibelakangnya, mampukah anda menerima resiko tersebut ? yah tergantung dari kemampuan anda untuk menggapi setiap masalah. Hati-hati dan berfikirlah dalam menentukan pilihan

GUNAKANLAH WAKTUMU SEBAIK-BAIKNYA

Pengunjung yang budiman gunakanlah waktumu sebaik-baiknya karena waktu takkan kembali dan engkau menukar waktumu dengan hidupmu ingatlah takkan pernah kembali

JAGALAH LINGKUNGANMU

Jagalah lingkungan dengan melakukan hal mulai dari yang paling kecil karena sesungguhnya sesuatu yang besar barasal dari yang kecil seperti membuang sampah pada tempatnya

GAPAILAH IMPIANMU

Sesungguhnya jika Anda mau berusaha segala sesuatu mungkin saja terjadi, jadi janganlah cepat menyerah dengan keadaan karena kesuksesan menunggumu di masa yang akan datang.

Selasa, 25 Oktober 2011

HTML

Tugas-tugas HTML-ku terbagi menjadi menjadi beberapa bagian, yaitu :
Format Top dapat di download di sini
Format aboutme dapat di download di sini
format isi dapat di download di sini
format biodata dapat di download di sini
format utama dapat di download di sini
format buku dapat di download di sini

Senin, 24 Oktober 2011

TUGAS EXCEL

Tugas Excel (3)

PPT BIOGRAFI

Presentation 1

POWER POINT

PPT LAB

MATEMATIKA

matematika

UNDANGAN

undangan pti

PROPOSAL

Proposal

JENIS-JENIS KEYBOARD

Key Boar

linux

Cara Menginstal Ubuntu Dualbooth

Integrasi Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Proses Pembelajaran Dan Kesenjangan Penggunaan Tik Di Indonesia


Pada era globalisasi saat ini, masyarakat Indonesia di tuntut untuk mampu menggunakan teknologi agar mampu bersaing dengan Negara lain. Saat ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mampu menggunakan Teknologi dengan baik, contohnya saja dalam hal pengoperasian komputer, masih banyak yang belum menguasai Microsoft Office, sehingga Sumber Daya Manusia yang ada belum mencapai tingkat yang sesuai dalam menghadapi era globalisasi saat ini. Pihak sekolah, menjadikan TIK (Teknologi Komunikasi dan Informasi) sebagai mata pelajaran yang harus dipelajari siswa. Dan belum semua guru mampu mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran, sehingga membuat proses pembelajaran menjadi monoton dan membosankan.
Namun saat ini, di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dsb, sudah mampu mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran mereka. Contohnya saja, sudah adanya Sekolah yang menerapkan E-learning dalam proses pembelajaran mereka. Adanya sekolah yang menerapkan pendidikan jarak jauh yang membantu daerah-daerah terpencil agar mampu meraih pendidikan yang sebanding dengan mereka yang ada di kota-kota besar.
Masalah besar yang masih ada saat ini diantaranya adalah fasilitas dan kemampuan sumber daya manusia. Fasilitas untuk mendukung adanya pendidikan jarak jauh masih jauh melampaui biaya yang dimiliki pihak sekolah. Tidak semua sekolah mampu menyediakan fasilitas tersebut dengan biaya yang sedikit. Sumber daya guru yang masih sedikit dalam memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dan program-program E-Learning. Adanya rasa “gengsi” guru untuk merubah pola mengajar mereka yang tradisional menjadi pembelajaran berbasis aneka sumber termasuk media pembelajaran juga merupakan salah satu kendala dalam pengintegrasian TIK. Alasan yang selalu ada yaitu kurangnya mereka menguasai media, dan ketidakmampuan itu terkadang tidak mau mereka hilangkan dan tidak mau mempelajari bagaimana media tersebut bekerja membantu proses pembelajaran. Masalah-masalah ini yang selalu menjadi kendala dalam mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran.
Berbeda jauh dengan integrasi teknologi komunikasi dan informasi di kota-kota besar. Adanya pelatihan-pelatihan dan rasa keingintahuan guru untuk menguasai komputer membantu mereka untuk mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran yang ada tidak lagi monoton, seperti penggunaan Power Point dalam pelajaran sejarah; adanya CD pembelajaran dalam pembelajaran Matematika, Biologi, Bahasa Inggris, dsb; adanya penggunaan audio dalam proses pembelajaran Listening pada pelajaran Bahasa Inggris dengan disediakannya Lab Bahasa pada beberapa sekolah; penggunaan Website (baik yang berbayar maupun tidak, misalnya Blog, dsb) pada beberapa sekolah yang mengerti manfaat website tersebut bagi siswa dan sekolah; juga dengan adanya pendidikan jarak jauh tentunya dengan didirikannya Universitas Terbuka dan SMP Terbuka. E-Learning saat ini menjadi satu kebutuhan penting dalam proses pembelajaran agar mampu meratakan pendidikan di Indonesia. Tinggal bagaimana pemerintah mengalokasikan dana pendidikan secara tepat dan merata agar terpenuhinya pemerataan pendidikan dan mengurangi kesenjangan pendidikan yang ada di kota besar dan daerah terpencil.

NIKMATI VIDEO INI


Minggu, 23 Oktober 2011

Sabtu, 22 Oktober 2011

sejarah linux

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/)[1] adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.[2]

Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.[3]

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer,[4], dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox[5]), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice.

Pentingnya pengetahuan dasar komputer yang benar

Judul: Pentingnya pengetahuan dasar komputer yang benar
Bahan ini cocok untuk Informasi / Pendidikan Umum bagian KOMPUTER / KOMPUTERS.
Nama & E-mail (Penulis): Har Akbar, A.Md.Kom, SE.
Saya Guru di SMAK BPK PENABUR Sukabumi
Topik: Pengetahuan dasar komputer
Tanggal: 11 Juni 2007

Pentingnya pengetahuan dasar komputer yang benar

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan terknologi infomasi khususnya komputer saat ini, dimana kita dihadapkan pada suatu kondisi yang mengharuskan kita untuk mengenal, mamahami dan menguasainya. (Diibaratkan kita masuk WC umum, meskipun tempatnya bau tapi kita harus di situ tempat membuangnya) mau tidak mau kita harus mengenalnya.

Namun bagitu ada suatu kondisi yang nyata di lingkungan pendidikan (sekolah), yaitu terdapatnya beberapa kekeliruan atau salah memberi materi pelajaran terhadap siswa khususnya siswa yang paling pertama mengenal pelajaran Komputer atau T I ( Teknologi Informasi) pada SD atau SMP, yaitu lemahnya materi dasar yang harus diterima siswa. Pada beberapa kasus dimana siswa SLTA (SMA atau SMK) seharusnya sudah mengerti tentang DOS ( Disk Operating System ) atau windows dasar, linux dasar atau office dasar (Word,Excel,Power Point dll), namun begitu ketika ditanyakan lagi (diulang) banyak bahkan tidak tahu, entah dimana letak kesalahanya? Namun setelah saya teliti kembali saya mempunyai beberapa kesimpulan diantaranya adalah :

1. Perlunya pendidik (guru) yang memiliki latar belakang minimal akademi komputer yang yang penulis sendiri alami di bekali dan dijejali ilmu-ilmu dasar tentang komputer sehingga dia pun manakala mendidik nanti akan pula memberikan terutama hal-hal dasar tentang komputer, ini penting sekali sebelum meneruskan ke tingkat lanjutan, sehingga apabila dasarnya kuat untuk menerima yang baru pun lebih mudah.

2. Banyaknya budaya instan saat ini, yaitu dengan banyak beredarnya software-software baru sehingga yang sebenarnya kurang penting diberikan, tapi tetap di berikan dengan tujuan lebih maju, atau untuk mempromosikan sekolah tertentu padahal tidak kena sasaran, yang berdampak siswa menerima materi pelajaran komputer tidak pernah maju atau asal saja.

3. Perlunya keseragaman pemberian materi pelajaran dasar dan menengah agar tidak salah sasaran, terutama yang akan diberikan untuk siswa SMK yang biasanya memasuki dunia kerja dengan siswa SMA yang sebagian besar melanjutkan ke Perguruan tinggi.

Dari 3 (tiga) kesimpulan di atas, saya berharap hal-hal insidentil tidak perlu terulang lagi di lapangan sehingga, kewajiban kita sebagai pendidik, menjadi bermanfaat bagi nasib anak bangsa apalagi booming Teknologi Informasi, sepertinya tengah dimulai, apabila awalnya sudah bengkok hasilnya pun bengkok, kita pun berdosa memberikan ilmu yang salah.
Saya Har Akbar, A.Md.Kom, SE. setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network dan saya menjamin bahwa bahan ini hasil karya saya sendiri dan sah (tidak ada copyright). .


CATATAN:
Artikel-artikel yang muncul di sini akan tetap di pertanggungjawabkan oleh penulis-penulis artikel masing-masing dan belum tentu mencerminkan sikap, pendapat atau kepercayaan Pendidikan Network.

PERKEMBANGAN KOMPUTER

Judul: PERKEMBANGAN KOMPUTER
Bahan ini cocok untuk Informasi / Pendidikan Umum bagian KOMPUTER / KOMPUTERS.
Nama & E-mail (Penulis): Drs. H. Agus Ruslan, M.MPd
Saya Mohon Pilih di Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ma'arif Bandung
Topik: TEKNOLOGI KOMPUTER
Tanggal: 2 Juni 2007

PERKEMBANGAN KOMPUTER

1. Belajar untuk mengatur tekhnologi informasi.

suatu pekerjaan mendesak dalam mengatur tekhnologi pada saat ini adalah memutuskan arsitektur organisasi untuk pengolahan informasi. Dalam bab ini kita akan membahas jenis-jenis komputer yang tersedia pada saat ini dan menyajikan evaluasi sejarah dari komputer. anda sudah terbiasa bekerja dalam suatu organisasi yang telah menggunakan komputer untuk waktu yang lama; perusaan arsitektur perangkat keras (hardware) mungkin meliputi beberapa komputer yang lebih tua. Mengatur seluruh persediaan komputer membutuhkan pemahaman jenis-jenis mesin yang berbeda, dalam cara yang telah mereka gunakan dan tren tekhnologi yang secara konstan mendorong evolusi dari organisasa strategi perangkat keras.

2. Persiapan untuk ambil bagian dalam sistem analisa dan rancangan

Meskipun terkadang kita mendapat tekanan rancangan logika dari sistem tidak terikat pada komputer dimana computer tersebut akan digunakan, dalam beberapa hal perancang harus menghadapi tekhnologi komputer. Sebuah sistem rancangan besar, komputer multi guna akan memiliki ciri-ciri karakter dari suatu pengguna PC. Akhir dari bab ini juga memberikan suatu ikhtisar dari beberapa alat output atau input yang tersedia. Aktivitas-aktivitas ini menolong memberikan definisi yang menghubungkan pengguna dengan sistem, yang merupakan hal penting untuk kesuksesan tersebut.

3. Merubah organisasi

Telah menghabiskan bertahun-tahun untuk membuat komputer dan komunikasi yang dapat merubah perusahaan dan industri. Perusahaan yang telah merubah dirinya sendiri tahu bagaimana mengatur serangkaian perbedaan dari komputer dan alat-alat lainnya; mereka berhasil dalam merespon tren dari tekhnologi dan perubahan yang berkelanjutan dalam perbandingan biaya/tampilan dari perbedaan jenis komputer.

IMPLIKASI BAGI MENEJEMEN

Bab 9 dan 8 memuat banyak informasi tentang tekhnologi komputer. Apa implikasi dari tekhnologi ini bagi menejemen?

. perbandingan biaya/tampilan pada komputer menurun terus menerus; yaitu harga secara terus menerus jatuh sebagai akibat kemajuan tingkat dari komputer.

. Fungsi logika tidak lagi menjadi bagian termahal dari komputer. Pada generasi pertama, CPU merupakan sumber yang langka dan mahal. Saat ini, skala integrasi sangat besar (VLSI=very large scale integration) menggunakan tekhnologi umum yang dapat menyipan beberapa juta transistor ke dalam kepingan silikon kecil. Proses logik sekarang telah tersedia dengan harga yang relatif murah.

. Organisasi menghabiskan jumlah uang banyak pada komputer karena komputer menjadi suatu yang tidak dapat dihindari untuk bayak aplikasi-aplikasi. Mengingat jumlah biaya mungkin dapat turun, total pembelanjaan untuk tekhnologi informasi meningkat di kebanyakan organisasi.

. Mudahnya penggunaan dan pendekatan komputer personal menolong memberikan lebih banyak individu untuk memasuki tekhnologi komputer. Untuk dapat bersaing di tahun-tahun mendatang, seorang menejer haruslah seseorang yang pandai menggunakan komputer. Sangat sulit untuk menentukan suatu arsitektur perangkat keras dan perangkat lunak yang cocok untuk perusahaan dengan banyak tersedianya permintaan dan alat yang bersaing. Penurunan cepat harga dari pembuatan keping (chip) yang sangat kuat berarti bahwa pusat pembuatan telah memiliki biaya/tampilan karakteristik yang lebih baik daripada minis dan mainframe. Kita akan mendiskusikan arsitektur selanjutnya pada bab 13.

Pemahaman dasar pada perangkat keras dan cara penggunaanya akan menolong pengetahuan pekerja profesional untuk memilih dan menggunalan peralatan komputer yang cocok. Pada saat ini menejer dihadapkan pada kemampuan berbeda dari jenis-jenis komputer. Guna memutuskan arsitektur perangkat keras/perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangan, anda harus mengerti sesuatu tentang bagaimana komputer berkembang. Seorang menejer mungkin didorong untukmenggunakan perangkat keras yang telah ada karena perangkat keras tersebut telah tersedia, atau memiliki pilihan untuk pemilihan peralatan baru. Pada sisi lain, penting untuk memahami kemampuan-kemampuan dari jenis komputer berbeda yang tersedia saat ini.

KOMPUTER SAAT INI

Bagaiman kita mencapai kekayaan komputer sekaarang ini? Pada waktu sebelumnya, tidak terdapat keneka ragaman jenis; semua komputer dianggap sama (yang akan dibahas kemudian pad bab ini). Pada suatu waktu, 8 perusahan berbeda pada Amerika manufactured computers. Univac yang telah memimpin terlebih dahulu dalam perkomputeran akan tetapi kemudian dikalahkan IBM. (kemudian Univac menjadi bagian dari Sperry, yang bergabung dengan penjual komputer yang lain yaitu Burroughs, untuk mendirikan perusahaan UNISYS).

IBM menjadi penjual dominan di Amerika dan di luar negeri, industri komputer terkadang digambarkan severti "IBM dan tujun kurcaci" pada tahun 1950an dan awal tahun 1960an, tidak ada perusahan seperti Apple, Digital Equipment corporation (DEC), dan Compaq. RCA dan General Electric membuat komputer yang sama, akhirnya mengambil pencoretan besar mereka meninggalkan bisnis minikomputer dan penjual utama menggulung dari perubahan dramatis.

KOMPUTER WIZARD

Tidak setiap aplikasi membutuhkan kekuatan prosesing dari komputer personal; sebagai tambahan, alat komputer kecil seperti Wizard menjadi semakin kuat setiap harinya. Brooklyn Union Gas memiliki sekitar 100 Wizard yang digunakan untuk tugas yang berbeda-beda.

Dalam satu aplikasi pelayanan kostumer mewakili penggunaan Wizard untuk membimbing kostumer melalui beberapa peraturan yang dimimta ketika mereka mengatur suatu laporan. Seorang analisis menulis ulang suatu aplikasi yang digunakan pada PC dalam BASIC yang dapat menjalankan Wizard.

Di Merck & Co. Beberapa eksekutif menggunakan Wizard sebagai penyelenggara personal, untuk laporan pengeluaran,dan rencana rapat. Perusahaan bekerja pada suaru aplikasi yang akan menolong menejer-menejer farmasi Amerika Latin dalam menjalankan teritori penjualan mereka. Sekarang, Wizard adalah IBM PC asli yang kuat yang muncul di tahun 1981, dalam perbandingan biaya/tampilan dari "komoditi" keping (chip) prosesor melawan sistem berdasarkan hak milik rancangan sirkuit.

Tren apa dalam tekhnologi yang telah menciptakan industri komputer saat ini? Mengapa begitu banyak jenis komputer yang berbeda, dan untuk apa setiap jenis komputer dirancang?

Perkembangan dari mainframe

Figur 8-1 menampilkan suatu ikhtisari dari lingkungan komputer yang beredar. Pada Komputer pertama yang dikembangkan adalah mainframe yang lebih besar, mesin yang bertujuan umum. Di awal industri komputer, hanya satu yang dapat menjalankan kelompok pada komputer mainframe. Banyak organisasi yang telah mengembangkan banyak aplikasi pada komputer mainframe; pada saat ini jenis mesin seperti itu digunakan untuk mendukung beberapa teminal dan interakting komputer personal dengan database besar yang menapung milyaran karaketer data. Komputer mainframe oleh banyak pengguna digunakan dengan luas untuk proses transaksi dan memelihara akses data penting. (kami lebih membahas masa depan mainframe dalm bab 13). Berdasarkan sejarah, IBM telah mendominasi pasar mainframe, akan tetapi permintan untuk mainframe biasa telah menurun, mengarah kepada masalah besar untuk perusahaan.

Kekuasaan superkomputer

Komputer mainframe tidaklah cukup cepat untuk beberapa aplikasi. Komputer mainframe dikembangkan secara original untuk keperluan bisnis; komputer mainframe memiliki kelebihan untuk meningkatkan pengolahan data bisnis yang melibatkan manipulasi karakter dan aritmetika desimal. Para ilmuan dan insinyur mamiliki masalah hitungan intensif yang harus dipecahkan, sering melibatkan angka dengan banyak digit yang signifikan. Perusahaan seperti Cray menawarkan komputer super untuk beberapa pekerjaan seperti peramalan, data analisis geologikal, Dan bebrapa jenis dari pembelajaran simulasi. Superkomputer termasuk pada komputer tercepat saat ini, dengan ukuran kecepatan dalam 100 megaflop (megaflop adalah pelaksanaan dari satu juta intruksi gerak-poin per detik) lebih cepat dari gigaflop (satu miliyar intruksi gerak-poin per detik). Beberapa perusahaan mencoba untuk mencapai mesin teraflop mesin yang mampu untuk malksanakan satu triliun intruksi per detik!

Minis: awal mula revolusi

Jenis komputer lain yang dikembangkan adalah mini; perusahaan seperti DEC menemukan bahwa gabungan sirkuit mereka dapat membuat suat komputer kecil yang sangat hemat biaya dengan 8 atau 16 bit panjang kata. Minis menjadi sangat populer sebagai komputer yang berdiri sendiri dan sebagai mesin yang dipersembahkan untuk departemen perusahaan.

Minikomputer telah berkembang sebagai pabrik yang telah meningkatkan kecepatan pengolahan dan mengeluarkan ukuran huruf sampai 32 bit. Komputer ini dapat dikelompokkan sebagi "midrange". IBM menyatakan telah menjual lebih dari 200.000 dari sistem midrange AS/400 ini. Beberapa organisasi telah memasang jaringan minikomputer kedalam mainframe. (untuk perusahaan dengan aplikasi jumlah besar bekerje dengan mainframe, mengganti semua komputer dengan Minis adalah bukan sesuatu yang praktis yang memberikan keterlibatan investasi perangkat lunak yang luarbiasa).

FIGUR 8-1 MACAM-MACAM MODEL KOMPUTER

Personal digital assistant (PDA/ Asisiten digital personal)

Alat untuk membantu individu dengan menyimpan catatan, rekaman, dan komunikasi dengan yang lain. Harga: $500 sampai $2000

Personal komputer (komputer personal)

Komputer dekstop tujuan umum yang menggunakan 32 bit microprosesor. Harga: $500 sampai $4000

Server. Server adalah kapasitas disk besar digunakan untuk menagtur jaringan komputer personal. Harga: $3000 sampai $15000

Workstation

Komputer tampilan tinggi 32 bit digunakan oleh para insinyur, ilmuan dan ahli tehnik profesional yang membutuhkan workstation grafik superior. Biasanya digunakan rancangan tambahan kompute, menawarkan tampilan minikomputer tetapi hanya melanyani satu orang satu station disimpan pada meja atau sebelah meja dan menghubungkan worksation yang lain dalam suatu jaringan. Harga: $5000 sampai $100.000

Midrange (minikomputer)

Kategori mesin ini dapat menangani kebutuhan umum lebih dari 100 orang, yang pada umumnya bekerja pada kabel terminal komputer. Besarnya Minikomputer kira-kira sebesar 2 atau 4 kabinet file gambar, beberapa sering dihubungkan untuk meningkatkan jarinagn perusahaan, seperti jaringan yang menggantikan mainframe. Harga: $50.000 sampai $1 juta

Komputer mainframe

Luas, komputerbtujuan umum yang melayani ratusan atau ribuan pengguna, semua diikat pada sekumpulan pusat prosesing data. Mainframe pada umumnya lebih tipis dan kecil dari pada Volkswagen Beetle dan memerlukan ruangan yang diatur secara atmosfir. Mainframe pada umumnya menangani kebutuhan prosesing utamapada perusahaa besar. Walaupun abnyak pelanggaran oleh jaringan mini komputer dan PC, mainframe meninggalkan halsil pokok pada pusat prosesing yang besar. Harga: tidak lebih dari $5 juta

Superkomputer

Dunia komputer tercepat, digunakan dalam ilmu pengetahuan, ilmu tehnik, dan penelitian untuk tantangan prosesing yang paling sulit, seperti ramalan cuaca, rata-rata superkomputer tidak lebih besar daripada mainframe tetapi kemasan prosesor yang lebih cepat lebih dekat dihubungkan untuk memberikan kecepatan hitungan yang besar. Beberapa perusahaan atau organisasi sering membagi waktu pada satu superkomputer untuk menghasilkan harga tinggi dari mesin ini. Harga: $ijuta samapi $30 juta

Komputer paralel tinggi

Tipe komputer yang relatif baru yang menggunakan 16 sampai 64.000 prosesor (sebagai perbandingan, superkomputer memiliki 1 sampai 8 prosesor cepat). Prosesor dibagi dan bekerja sendiri pada potongan besar dari masalah yang besar. Excel komputer paralel pada program dengan benyak operasi bebasa yang dapat diselesaikan pada waktu yang bersamaan; mereka menyesuaikan kecepatan superkomputer pada sebagian kecil dari biaya/harga, karena superkomputer tidak dapat dipisahkan pada secepat mana mereka dapat mendapatkan data dari memori, mesin paralel yang menyimpan memori pada setiap mikroprosesor menjadi penampilan alternatif yang lebih baik. Harga: kurang dari $100.000 sampai $5 juta

Kompute Personal telah merubah segalanya

Kedatangan selanjutnya adalah PC atau komputer personal, yang pertama kali dirancang sebagai komputer 8-bit; Apple memperkenalkan PC di tahun 1977. IBM PC yang asli, dipasarkan pada tahun 1981, mengambil 8 bit di waktu yang sama dari memori tetapi menampilkan 16 bit dari waktu yang sama pada perhitungan. IBM segera memperkenalkan AT, yang mengambil dan memproses16 bits pada waktu yang sama, generasi selanjutnya adalah komputer PC 32 bit pada waktu yang sama atau 386 (kemudian 486 juga) yang mengambil dan memproses 32 bit pada waktu yang sama. Chip terbaru, pentium adalah chip yang mampu untuk mengambil dan memproses 64 bit pada waktu yang sama.

Server adalah PC yang berkekuatan tiggi yang digunakan untuk mengatur suatu jaringan dari PC dan peralatan yang lainnya. Serve pada umumnya memiliki kapasitas disk yang luas untuk menyimpan progran dan data, yang didownload ke PC pada jaringan ketika mereka meminta pelayanan.

Figur 8-1 menunjukkan personal komputer dan terworkstation sebagai kategori yang terpisah. Workstation menggunakan komputer tampilan tinggi 32 bit untuk ilmu tehnik dan pekerjaan ilmiah. Workstation dilengkapi dengan keunggulan grafik dan sering digunakan untuk merancang tugas. Berkekuatan 486 dan PC pentium menjalankan alat penghubung pengguna grafik (graphical user interface=GUIs) begitu juga dengan workstation. PC ini memiliki kekuatan hitungan dan kemampuan perangkap lunak untuk menjadi jenis yang sama dari alat produktifitas personal untuk menejer sedangkan workstation ilmu tehnik adalah untuk insinyur.

Paralel komputer secara besar-besaran

Ketegori mesin paralel di figur 8-1 meliputi beberapa pendekatan rancangan komputer baru. pendekatan-pendekatan baru tersebut memiliki persamaan ide untuk mencoba menghindari bottleneak pada rancangan lama dimana semua perintah dan data harus diambil dari memori dan dibawa ke CPU untuk diolah. Beberapa dari komputer peralel ini memiliki bermacam-macam prosesor yang menjalankan perintah yang sama pada data yang sama diwaktu yang bersamaan. Pelaksanaan bermacam-macam perintah lain pada data yang berbeda. Jelaslah bahwa untuk mengatur pelaksanaan perintah dan peprograman mesin ini merupakan suatu tantangan.

Salah satu komputer paralel dengan 65.000 1-bit prosesor telah digunakan oleh provider informasi untuk sistem mendapatkan kembali berita on-line. Hal ini diharapkan bahwa prosesor dengan angka besar akan menghasilkan pencarian file yang yang sangat cepat. IBM telah membuat superkomputer paralel berdasarkan tekhnologi RISC dengan jenis workstation RS6000 yang paling sukses; SPI yang saling berhubungan sebanyak 64 chip dan dapat menjalankan hampir semua perangkat lunak yang sekarang ini dijalankan dalm worksationnya. Beberapa ahli komputer mengharapkan komputer paralel menggantikan mainframe; ketika batas fisik dari perhitungan dicapai, satu cara untuk meningkatkan tampilan adalah dengan malakukan hitungan di paralel.

Strategi baru-baru ini diikuti oleh beberapa pengguna yang membutuhkan hitungan dengan kecepatan yang sangat tinggi yaitu dengan menghubungkan sekelompok woorkstation muktahir dengan perangkat lunak spesial yang saling menyerang masalah yang sama. Perangkat lunak menetapakan beberapa bagian dari hitungan yang kompleks untuk beberapa workstation, peningkatan generasi yang pantas dipertimbangkan dalam kekuatan pengolahan. Hal itu memungkinkan beberapa aplikasi yang digunakan membutuhkan superkomputer untuk dijalankan pada beberapa kelompok workstation yang saling berhubungan.

Pembantu personal

Computer yang paling baru adalah pembantu digital personal (PDA= personal digital assistant). Mesin ini dimulai sebagai superkalkulator yang mampu menyimpan kalender pemakai dan buku telepon. Saat ini alat tersebut, seperti Newtonnya Apple, sering memiliki berat kurang dari satu pon, beberapa penawaran tulisan tangan dan juga pengenalan suara, fax dan modem komunikasi, dan bahkan sebuah penyeranta (pager). PDA adalah aplikasi yang cukup murah yang perusahaa akan kembangkan untuk mereka. Contohnya: laporan penjualan bisa menggunakan PDA kecil yang memiliki informasi kontrak. Pekerja pelabuhan akan menggunakan PDA yang memiliki pembaca bar-code dan scanner untuk merekam lokasi dari kontainer. PDA ini juga akan menjadi produk konsumen. Contohnya, suatu perusahaan penyewaan mobil memilki persediaan peta lokal dan petunjuk tur di setiap kota untuk didownload ke PDA anda.

Kita bisa lihat mengapa pekerjaan pengembangan arsitektur untuk sebuah perusahan sistem perhitungan itu sangat sulit. Jika sebuah organisasi tidak memulai dengan hitunagn, orang akan memperkirakan untuk membeli banyak minikomputer, sebuah mainframe kecil, atau jaringan koputer personal. Pertanyaan pilihan mana yang harus dipilih membutuhkan pendidikan utama dan upaya penting. Organisasi yang telah memiliki sejumlah komputer harus memutuskan cara untuk mengatur dan memperluas sistem ini untuk menghadapi kebutuhan baru pengguna dan ide-ide perhitungan.

Chip (kepingan)

Semua komputer saat ini menggunakan penggabungan chip sirkuit, ukuran kecil (5mm sampai 10 mm pada suatu sisi) yang secara umum dibuat pada silikon yang memuat jutaan transistor. Ada logik chip untuk CPUdan chip memori untuk menyimpan data; chip memori sering ditunjukkan dengan DRAMS (dynamic random-Access memory chips= chip memori akses acak dinamik). Chip ini bertanggung jawab untuk kekuatan komputer modern; sekarang ini jutaan komponen dibuat pada chip. Bab sebelumnya menyebutkan alpha chip DEC; DEC mengaku memiliki kecepatan pengolahan dari 400 juta perintah per detik untuk setidaknya satu versi dari chip, lebih cepat dari kebanyakan mainframe dan bahkan beberapa superkomputer. Chip prosesor intel 486, memiliki 1,2 juta transistor sedangkan Pentium sebagai generasi selanjutnya setelah 486 memiliki lebih dari 5 juta transistor. Biaya komputer ribuan juta dolar dari harga pembeliaan per sejuta perintah per detik yang komputer bisa laksanakan telah terus menurun. Figur 8-2 menunjukkan berapa banyak MIPS (million instructions per second of execution speed = kecepatan pelaksanan jutaan perintah per detik) yang telah dibeli dengan harga $100 dalam generasi berturut-turut chip Intel dari mulai pengenalan sampai chip Pentium. Penuruan harga yang dramatis untuk peningkatan jumlah kekuataan komputer telah membuat kemungkinan tren yang dibahas dalam teks ini. Saat ini desktop komputer menampilkan komputer mainframe lima tahun yang lalu dalam hal kekuatan hitungan. Teknologi mendorong organisasi untuk menyalurkan aplikasi-aolikasi ke pemakai akhir. Solusi yang digunakan untuk melaksanakan mainframe sekarang tidak dapat mudah ditangani dengan mesin dekstop.

Sebagi hasilnya, kita mengharapka untuk melihat lebih banyak jaringan kompute; mainframe, minis dan PC saling berhubungan yang akan mengerjakan bermacam-macam tugas pengolahan. Memutuskan jenis komputer apa yang paling cocok untuk sebuah aplikasi dan dimana koputer tesebut dilokasikan akan berlanjut menjadi bagian dari pengembangan arsitektur untuk sebuah sistem baru.

Apa yang membuat chip bekerja?

Faktor apa yang bertanggung jawab untuk tampilan luar biasa dari prosesor PC? Tabel 8-1 berisi data dalam bentuk rancangan khusus dari Intel chip populer yang berkekuatan IBM cocok dengan Pcnya.figur 8-3 menyajikan grafik kecepatan chip dan sejumlah transisitor pada generasi berturut-turut dari chip. Tampilan khusus dari chip prosesor PC membentuk barisan di tabel 8-1:

 Kecepatan jam. Jamnya mengatur kecepatan dari putaran mesin. Jika yang lain bertahan konstan, peningkatan kecepatan jam dari chip akan meningkatkan tampilan.

 Alur data. Alur data atau ukuran dari bus menunjukkan seberapa banyak data yang dipindahkan antara memori dan CPU dengan setiap perintah. Jika yang lain konstan, memiliki alur data yang besar mempercepat mesin karena perjalanan lebih pendek ke memori diperlukan untuk mengolah data.

 Hitungan. Jika chip dapat melakukan hitungan pada bit yang lebih pada waktu yang sama, pelaksanan perintah akan lebih cepat karena perintah akan dilaksanakan dengan waktu yang lebih singkat.

 Ukuran memori. Memori lebih akan sering membuat program besar melaksanakan lebih cepat. Hal ini sangat penting ketika menggunakan penghubung grafik dimana kamu memiliki lebih dari satu program yang diisi pada waktu yang bersamaan.

 Aritmetika titik-ambang. Jika chip telah dibuat dalam aritmetika titik-ambang (atau menggunakan coprosesor dengan aritmetika titik-ambang) pehitungn angka-angka akan lebih cepat karena mereka akan ditampilkan dalam perangkat keras daripada perangkat lunak.

 MIPS (million instrustion per second= jutaan perintah per detik). Figur ini adalah indikasi dari garis kecepatan pada chip.

 Jumlah dari transistor per chip. Makin padat transistor dikemas secara umum maka makin cepat chipnya.

Tabel 8-1 menunjukkan bahwa PC IBM yang pertama adalah mesin yang sangat lambat untuk standar saat ini! (tidak seorang pun memprediksi kesuksesan yang dramatis dari komputer personal, tidak juga kita ramalkan kenaikan yang besar dalam kekuatan pengolahan dan penuruna harga). Chip 286 atau AT (untuk tekhnologi yang lebih maju) memiliki damapk yang signifikan pada tampilan. Kecepatan jam meningkat dan alur data antara memori dan CPU dilipat gandakan ukurannya. Generasi chip sekarang, n86, adalah sangat bertenaga denag kemungkinan kecepatan jam lebih dari 12 kali kecepatan dari PC asli dan lebih dari 30 kali memori. Mesin ini (kecuali untuk 386x) meakses data dan menampilkan hitungan 32 bit setiap waktunya. Anggota terbaru dari keluarga ini adalah Pentium yang menghitung dengan lebih dari 100 MIPS.

Trik apa yang dapat meningkatkan kecepatan?

Meskipun pmbahasan khusus ini akan menolong anda memilih komputer, pembahasan ini tidaklah cukup, karena pabrik-pabrik telah menhadirkan sejumlah trik untuk membuat PC jadi lebih cepat. Pilihan pertama adalah memori simpanan rahasia (cache memory) yaitu memori kecepatan tinggi yang digunakan untuk menambah kecepatan dari memori lambat. Mempertimbangkan sebuah disk drive dimana disk drive tersebut dapat membawa rata-rata 12 milisecond untuk mengakses data. Sebagai ganti dari perpindahan langsung data kedalam memori pusat, di tempatkan dalam memori simpanan rahasia (cache memory) yang dibuat dari semikonduktor. Memori simpanan rahasia (cache memory) bisa memiliki 32K atau lebih kapasitas penyimpana. Ketika komputer membaca dari disk, memori simpanan rahasia (cache memory) diisi dengan permintaan data dan ekstra data yang dekat. (sering akses data terjadi saling berdekatan) jika pembacaa selanjutnya untuk materi di dalam tempat simpanan rahasia (cache), hal ini dapat dipindahkan ke memori utama pada kecepatan memori dari pada kecepatan akses disk. Tentu saja jika tidak ada "tabrakan" di tempat simpanan rahasia (cache) berarti data yang diminta tidak berada disana dan komputer harus mendapatkan data tersebut dari disk.

Sebuah tempat simpanan rahasia (cache) dapat digunakan hampir di setiap tempat untuk menambah kecepatan komputer. Banyak PC menggunakan cache dengan memori utama; memori 8-megabyte bisa dipakai dengan 128 kilobyte cache. Anda juga dapat menggunakan sebuah cache atau memori terpisah dengan pengontrol video untuk menambah kecepatan video.

Intel juga telah mengembangkan serangkaian chip yang dilengkapi dengan penggandaan jam (clock doubling). Kecepatan jam pada CPU adalah dua kali kecepatan permulaan pengolahan pada chip. Sebagai contoh, seseorang bisa membeli jam ganda (clock-doubled) 66 megaherzt 486 chip dalam sbuah PC. Semua operasi pada chip berlangsung pada 66 megaherzt; permulaan operasi dari chip (contoh, akses memori) terjadi pada 33 megahearzt. Penggandaan jam menjadi terkenal karena prosesor dapat menggunakan chip memori yang bekeja pada lebih dari 33 megahearzt. (ada beberapa masalah chip memori dilaporkan ketika pabrik mencoba untuk menjalankan kecepatan jam dengan sangat cepat, chipnya cenderung terlalu panas dan melelh).

Pentium chip dilengkapi dengan unit eksekusi bilangan bulat (integer execution unit) masing-masing memberi masukan dari saluran perintah sendiri. Arsitektur ini berarti bahwa pentium dapat melaksanakan dua perintah persatuan jam. Program yang menerjemahkan pemakai bahasa tingkat tinggi ke dalam mesin bahasa (dibahas di bab selanjutnya) harus dimodifikasi untuk mencari tahu perintah program pemakai yang dapat dipisah untuk paralel beroperasi; tidak mungkin chip mampu melaksanakan dua arus perintah pada waktu yang sama, beberapa operasi akan dilaksanakan dengan berurutan.

Semenjak banyak aplikasi PC sekarang yang dilengkapi dengan fitur grafik, pabrik komputer telah mengalihkan perhatian mereka ke pengatur video dan ini dijalankan dalam komputer. Mesin tercepat yang dilengkapi fitur video local bus (bus lokal): alur dari CPU ke pengontrol video dijalankan pada kecepatan bus yang jaraknya lebih dekat antara memori dan CPU dari pada bus yang digunakan untuk sesuatu yang kurang penting seperti printer atau modem. Kartu yang mempercepat grafik merupakan pengontrol video yang sebenarnya memiliki chip prosesor pada komputer dan memori jumlah besar (katakan saja, satu megabyte) untuk meng-offload tampilan pekerjaan dari CPU.

Akhirnya anda dapat membeli komputer dengan bus yang lebih luas dan cepat yang menghubungkan CPU ke hal-hal kurang penting. Pada awalnya semua komponen PC menggunakan bus yang sama -video, memori, printer dan banyak lagi. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, CPU 32 bit memiliki 32 bit alur data sendiri (secara umum) ke memori. Beberapa mesin juga dilengkapi dengan video lagi untuk mempercepat operasi. Anda juga bisa membeli bus untuk menghubungkan komponen lain, seperti disk atau printer, yang memberikan data lebih dari standar bus saat ini 16 bit ISA (industry standard architecture), bus yang sama dari PC AT. IBM menawarkan architecture microchannel yang dapat memindahkan 32 bits pada waktu yang besamaan. Kelompok pabrik komputer yang lain bersatu ("geng tujuh") untuk mengembangkan versi mereka sendiri yaitu bus 32 bit yang mereka sebut EISA (extended industry standard architectur) untuk dibandingkan dengan IBM.

Semua faktor ini dapat mengakibatkan dampak yang dramatis pada tampilan sebuah PC. Tidak selalu pada setiap kasus bahwa komputer dengan kecepatan jam yang tercepat lebih cepat daripada komputer dengan kecepatan jam yang lebih lambat jika kemudian mesin tersebut memiliki sejumlah fitur diatas untuk meningkatkan kekuatan.

GENERASI KOMPUTER

Tekhnologi telah ditingkatkan untuk memperoleh suatu tren yang penting, akan sangat membantu untuk melihat perbedaan generasi komputer yang telah dilewati. Karena 20 tahun pertama hanya komputer mainframe yang diproduksi, kita membahas mainframe pada bab yang sebelumnya dengan memperkenalkan perbedaan antara PC dan komputer mainframe modern.

FIGUR 8-4 model dasar sistem komputer mainframe

Figur 8-4 menampilkan model umum dari komputer mainframe. Salah satu perbedaan penting antara komputer mainframe dan komputer personal adalah tidak adanya arsitektur bus. Mainframe kebanyakan dilengkapi dengan hubungan langsung antara CPU dan memori; data tidak melewati lewati dan dilanjutkan ke bus. Arsitektur bus lebih mengenal modul dilihat dari mudahnya alat-alat yang berbeda untuk dihubungkan ke bus. Pada waktu sebelumnya arsitektur bus lebih lambat dan mainframe membutuhkan koneksi langsung untuk kecepatan.

Ciri khas komputer mainframe dimulai dengan satu preosesor. Sekarang mainframe sudah lazim menggunakan kepemilikan rangkaian perintah (rangkaian perintah yang secara umum dikhususkan dan diatur oleh penjual) dan perangkat lunak yang memiliki bermacam-macam prosesor. Bermacam-macan prosesor ini bagi pemilik hak arsitektur penjual seperti IBM merupakan hal yang relatif kecil, untuk pesanan 2 atau 4 per komputer.

Agar dapat memelihara peran dari mainframe dan untuk memberikan kekuatan prosesing yang beberapa aplikasi perlukan, perusahaan-perusahan komputer sedang dalam proses menemukan kembali mainframe. Idenya adalah untuk membuat mesin mainframe-class yang dikeluarkan dari sejumlah chip yang murah. Contohnya, komputer mainframe-class dar Hewlett-Packard (HP) dan DEC sekelompok fitu-fitur dari microprosesor cepat sebagai lawan dari rancangan biasa IBM 370 prosesor mainframe arsitektur. Mesin HP dan DEC menjual sekitar $10.000 kecepatan per juta instruksi per detik(MIPS) dibandingkan dengan mainframe IBM pada $30.000 samapi $80.000 per MIPS.

Organisasi menggunakan komputer mainframe umum yang memeproses jumlah besar dari data. Komputer mungkin bisa mengakses database dengan miliyaran karakter data dan mengatur jaringan ratusan atau ribuan terminal. Sebagai hasilnya, komputer dibutuhkan untuk dapat menangani banyak aktivitas komunikasi dan operasi input/output.

Mainframe biasanya memiliki channel data, yang memiliki kekuatan yang sama dengan CPU pada komputer yag lebih kecil. Channel data menerima perintah dari CPU, contohnya, mengambil kembali data dari file disk. Sementara data chanel sibuk CPU melanjutkan ke pekerjaan lainnya. ketika channel data selesai, kemudian menyela CPU bahwa data telah tersedia. CPU kemudian me-restart programnya telah disela bahwa program ini lebih penting dan lebih tinggi dari pada program lain yang menunggu untuk dijalankan.

Hanya dengan komputer personal, pengatur unit pada mainframe bertugas untuk menghubungkan komputer, dalam hal ini channel data dengan alat menyimpan dan I/O yang berbeda. Arsitektur ini telah menciptakan komputer mainframe sangat cepat, yang digunakan dalm database, prosesing perintah, dan aplikasi hitungan yang lain.

Sejarah singkat

Ahli komputer sering menyatakan tenatng generasi komputer yang berbeda, secara umum setia generasi sama-sama memperkenalkan komputer baru dean tekhnologi perangkat keras yang jelas beda dengan yang terdahulu. Generasi yang berturut-turut juga telah di tandai dengan perubahan tampilan yang dramatis. Setiap generasi baru telah membuktikan peningkatan cepat dari kecepatan hitungan dan menyimpan lebih banyak dengan harga lebih rendah daripada peralatan dulu. Generasi komputer juga dapat dikarakteristikan dengan perubahan perangkat lunak; di bab 8 kita membahas karakteristik perangkat lunak di setiap generasi.

Generasi Komputer pertama dikarakteristikan dengan komponen vaccum-tube (tabung vakum) dan perputaran memori. Salah satu yang paling populer adalah seperti model IBM 650.

Generasi kedua komputer menggunakan komponen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnetik untuk memori. Channel data muncul di generasi ini, sejalan dengan fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan CPU. Komputer pada awalnya digunakan sistem komersial on-line yang melibatkan komunikasi dan untuk sistem pembagian waktu, dimana pengguna diberikan kemampuan hitungan yang menarik melalui terminal.

Generasi ketiga perangkat keras komputer dikarakteristikan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk pusat prosesing unit. Banyak fitur CPU untuk meningkatkan pekerjaan ditambahkan dalam generasi ini. Mesin generasi ke tiga membuatnya lebih mudah untuk meningkatkan aplikasi on-line yang membutuhkan kemampuan telekomunikasi.

Generasi ketiga berkembang dalam generasi ke tiga dan satu setengah melalui penggunaan tekhnologi semikonduktor untuk memori utama dalam beberapa mesin. Konsep yang dikembangkan dari pembagian waktu yang disebut "virtual memory" telah juga diimplementasi melalui fasilitas perangkat keras spesial. (lihat bagian dari virtual memori pada bab selanjutnya)

Generasi komputer ke empat dikarakteristikan oleh sangat besar, memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil, dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Mesin generasi keempat dirancang untuk memudahkan pengembangan dari aplikasi on-line dan fasilitas penggunaan database yang besar.

Gudang sekunder

Secara umum gudang sekunder merujuk pada peralatan menyimpan yang harus diakses melalui channel data atau bus; Cpu tidak dapat melaksanakan data atau perintah langsung dari peralatan meyimpan. Ada beberapa alasan penggunaan gudang sekunder. Pertama, kita sering tidak mampu memiliki cukup memori utama untuk memproses data dalam jumlah besar. Beberapa aplikasi memiliki file yang memuat milyaran karakter data, dan dapat membebani melebihi kapasitas dari memori utama yang tersedia saat ini.

Meskipun kita memiliki cukup memori utama dan secara fisik dapat membebankannya pada komputer kita, kita tidak akan menginginkan untuk mengisinya dengan data! Banyak program menggunakan memori utama, masing-masing memproses datanya. Jika kita selalu menyimpan semua data untuk satu aplikasi dalam memori, maka kita harus memberikan seluruh koputer atau bagian khusus dari komputer hanya untuk aplikasi itu. Oleh karena itu, kita tidak mau menyimpan data yang tidak diperlukan di memori utama. Peralatan gudang sekunder menyediakan kemampuan penyimpatan yang fleksibel untuk data dan program.

Secara umum, biaya karakter penyimpanan menurun sejalannya waktu; ada peralatan yang lebih cepat dengan harga lebih. Sebagai catatan CPU dan memori beroperasi pada kecepatan kurang dari 20 nanosecond (10ˉ seconds), kebanyakan peralatan gudang sekunder memiliki akses waktu dalam jarak milisecond (10ˉ³ seconds) atau mendekati jutaan kali lebih lambat dari memori utama. Ketika komputer harus mengakses data pada gudang sekunder pemakai harus menunggu lebih lama daripada jika data tersebut ada di memori utama.

Gudang akses langsung mengacu pada kemampuan alat untuk melokasikan penyimpanan informasi dimanapun pada gudang akses langsung secara kasar dalam waktu yang sama. Gudang akses langsung cocok dengan gudang percontohan, dimana semua data disusun dalam perintah dan alatnya harus dapat discan dalam perintah tersebut untuk menemukan informasi yang spesifik. Alat gudang sekunder yang paling cepat disuusn dari semikonduktor dan tidak memiliki bagian yang dipindahkan. Perputaran memori seperti disket dan disk lebih lambat dan kurang dipercaya karena komponen mekanik nya. Kita membahas tipe yang paling populer dari gudang sekunder, disk magnetik pada bab 10.

Pita magnetik adalah salah satu media penyimpanan yang paling tertua. Data disimpan dalam rangkaian pita; untuk mendapatkan kembali informasi, kita harus mencari rata-rata setengah dari pita. Pita magnetik, murah dan menyediakan penyimpanan off-line dan backup yang cocok.

Salah satu dari alat penyimpanan yang terbaru adalah disk optik. Saat ini, disk ini memuat ratusan dari jutaan karakter pada lempeng yang dapat dipindah menyerupai disk audio padat. Ada beberapa dari disk optik; dapat dihabuskan, CD-ROM, dan WORM. WORM (write once, read many=sekali menulis,banyak membaca) dan disk CD-Rom yang megijinkan pemakai menulis informasi yang tidak dapat dirubah; pemakai dapat membaca datanya berulang-ulang kali. Seperti disk yang digunakan secara intensif dalam gambaran sistem prosesing dimana dokumen itu discann dan di gambaran digitized "burned" pada disk optik. Tipe penyimpanan (gudang) ini baik untuk beberapa data seperti statistik sejarah pada pasar persediaan atau ensiklopedia on-line. Agar dapat berguna untuk penyimpanan tujuan umum; disk optik harus dapat dihapus beberapa kali seperti drive yang penggunaannya tersedia dan menyebar luas dalam tahun-tahun berikutnya.

Untuk menggunakan komputer subnotebook dan notebook, industri komputer telah mengembangkan kartu kecil yang dapat diisi kedalam stop kontak pada mesin ini. Tipe penyimpanan ini disebut kartu PCMCIA. Sayangnya, ada tiga perbedaan yang dirasakan dari kartu ini dan semuanya hanya cocok dengan arah atas (stop kontak tipe II akan mengambil kartu tipe I, tapi tidak sebaliknya). Masing-masing pelepasan yang berurutan telah berubah sedikit lebih besar untuk mengakomodasi fungsi yang lebih. Contohnya seseorang dapat membeli sebuah modem pada kartu. Kartu tipe ke tiga, yang paling tebal sat ini, akan digunakan untuk hard disk miniatur.

Peralatan I/O

Komputer memproses data dalam ukuran waktu milyaran per detik; dibandingan dengan kecepatan internal ini, mendapatkan data dari dan ke komputer sangat lambat. Tabel 8-2 berisi tentang daftar beberapa peralatan input/output yang biasa.

Input dan output

Keyboard kebanyakan pemakai berinteraksi langsung dengan sistem, menggunakan keyboard ketika menyediakan input komputer. Banyak dari interaksi tersebut diselesaikan melalui sebuah terminal "dumb", yaitu terminal yang mampu untuk mengirim dan menerimadata dari komputer. Komputernya biasanya mini atau mainframe komputer, dan terminal memiliki logika perangkat keras yang sangat kecil; yang hanya dapat menampilkan data tidak memprosesnya.

PC sebagai terminal secara meningkat, komputer personal telah digunakan sebagi terminal. Menjalankan program yang menyamai sebuah terminal- yaitu yang memebuat PC muncul seperti terminal- pemakai bekerja dengan komputer tersendiri. Kenpa menggunakan kekuatan komputer personal untuk aplikasi sederhana? Ada beberapa alasan. Pertama, pengguna memiliki komputer personal di mejanya untuk bekerja; menjadikannya sebagai terminal berarti hanya satu alat yang dibutuhkan. Hal ini juga memungkinkan, menggunakan program yang sedikit berbeda untuk mendownload data dari mainframe atau minikomputer sehingga data dapat dianalisa menggunakan program pada komputer personal. Perusahaan-perusahaan juga mendistribusikan beberapa prosesing untuk aplikasi ke PC, contohnya, mereka mungkin memiliki komputer personal yang menyediakan pengguna alat penghubung data dan mengirim data ke mainframe. Di dalam lingkungan klien server, pengguna berinteraksi langsung dengan server menggunakan kemampuan penuh dengan workstation lokal mereka.

Peralatan hanya Input

Bar coding ini adalah cara memasukan data ke dalam komputer yang sangat terkenal. Kita menghadapi sesuatu dari bar coding di tempat menyimpan bahan makanan yang dilengkapi dengan scanner luar. Alat ini mengunakan laser untuk membaca universal product code (UPC= kode produk univrsal) yang dicap diatas barang bahan makana. Alat laser membaca bar code dan menerjemahkannya ke dalam pengidentifikasi produk. Komputer akan melihat harga dari barang dan mengindikasi beban pada tampilan. Tipe pembaca yang mirip digunakan pada jenis toko yang lain untuk menandai barang-barang. Keuntungan dari alat input adalah penjual dapat menjaga jalur inventori, menjual secara otomatis da serempak.

Tipe bar code yang lain digunakan secara intensif dalam industri pabrik. Di pabrik yang sangat diotomatiskan, setiap bagian ditandai dengan bar code; kodenya memerintah aliran bagian melalui pabrik dan bahkan mengidikasi ke mesin operasi apa yang harus dijalankan. Penggunaan dari bar coding dapat sangat mengurangi kebutuhan tenaga manusia yang mengikuti perintah melalui pabrik dan menjaga jalur proses kerja dilokasikan, wujud dari tenaga kerja tidak langsung.

OCR optical character recognition (mengenali karakter optikal) adalah tehnik input yang penting. Sekarang ini OCR dan scann gambar keduanay terkadang dikenal sebagai "scanning". Pembicaraan tehnikal, scanner bisanya mengenali huruf-huruf pada dokumen dan mengubahnya ke dalam kode komputer separti ASCII. Anda dapat memindahkan hasil dari scan langsung ke dalam dokumen prosesing kata dan dapat merubahnya.

Sangat sulit bagoi scaner untuk mengenali input tulisan tangan; kebanyakan scanner bekerja dengan baik pada dokumen yang dicetak. Untuk mengenali huruf-huruf atau karakter, scanner membandingkan input dengan rangkaian karakter yang disimpan, mencoba menemukan yang paling cocok. Tugas ini jauh sangat mudah bagi karakter yang dicetak yang mengikuti beberapa standar; tulisan tangan menimbulkan pengertian berbeda di banyak kasus! Ada kesempatan-kesempatan untuk penghematan tenaga kerja dan biaya jika scenner dapat mengenali tulisan tangan. Mempertimbangakan dampak nya pada kantor pos jika mesin dapat memebaca 75% tulisan tangan kode pos pada surat.

Input OCR menyimpan data yang ditik; seseorang dapat mengambil informasi yang tidak ada pada mesin yang dapat membaca bentuk dan menghindari untuk mentik ulang. Seperti seseorang yang mungkin menyangka, seperti satu kekuatan mencurigai, mengenali huruf yang memerlukan penyimpanan jauh lebih sedikit dibandingkan meneliti gambar. Contohnya, edisi pertama dari buku ini telah ditulis sebelum keberadaan prosesor kata; untuk mengurangi pekerjaan dan mempercepat produksi dari edisi selanjutnya, penerbit menscan naskah asli dan naskah modifikasi jadi teks tersebut tidak harus ditik ulang. Hanya perubahan tulisan tangan, yang tidak dapat discan, harus ditik manual.

Imaging (gambar) scanning gambar digunakan untuk sistem penerbitan desktop berdasarkan komputer personal. Pengguna dapat menscan foto, menggambar dan materi lain dan menyimpannya ke halaman. Komputer tidak berusaha untuk memahami apa yang discan; hanya mentranfer sebuah gambar dari satu medium ke medium yang lain.

Alat gambar (image) menggunakan laser untuk digitize input dari selembar kertas. Gambar pada kertas dapat dipikirkan sebagi sesuatu yang ditampilakan oleh ribuan titik, sebutlah 300 titik per inci(dpi=dot per inchi). Dalam komputer, setiap titik ditunjukan pada lokasi memori sejalan dengan kesatuan informasi. Contohnya, jika scanner mampu menampilkan banyangan abu-abu, hal ini harus menyimpan informasi tentang kekuatan dari titik itu juga. Sistem imaging (gambar) tidak mengenali karakter kecuali sistem ini mapu untuk melakukan prosesing spesial; gambar itu seperti foto pada halama. Anda tidak dapat menginput gambar secara langsung kedalam paket prosesing kata untuk memodifikasi dokumen yang telah anda scen.

Pena Beberapa pena-top komputer personal telah dikenalkan di pasar. Pengguna bekerja dengan pena untuk mencetak karakter atau mencocokkan kotak pada suatu bentuk. Alat ini ditujukan untuk orang-orang yang tidak suka tipe dan aplikasi yang membutuhkan dapat dipindah-pindah. Sampai saat ini mereka telah berhasil melayani orang-orang seperti pengantar untuk pencatatan yang bertujuan. Hitungan pena-top tidak pernah dicoba digunakan secara ekstensif untuk aplikasi menejerial.

Mengapa tidak menulis sebagai pengganti tipe?

Detroid Edison menggunakan pena yang berdasarkan Pc untuk mencoba mengurangi biaya pemotongan pohon dekat saluran listrik nya $ 1 juta setahun. Kegunaannya memberikan jalur pembersihan pena pengatur pohon pribadi dan kelompok nya didasarkan komputer; tujuan dari proyek ini adalah untuk mengurangi kertas untuk operasi pengaturan.

Pengawas dari mamfaat penggunaan komputer pena-top sementara mereka memeriksa satu juta manfaat kutub-kutub dan jutaan pohon yang mereka pelihara. Pengawas mengisi perintah kerja elektronik menggunakan pena untuk melengkapi bentuk-bentuk dalam layar komputer. Input data meputi lokasi dari pekerjaan, tipe dari garis, dan cabang-cabang yang harus diatur.

Informasi ini disimpan pada kartu memori PCMCIA dan dimasukan untuk membentuk suatu database. Suatu program terpisah mengumpulkan perintah kerja untuk kontraktor pengatur pohon; setiap kontraktor memeriksa suatu komputer dan diberikan kartu memori PCMCIA yang bekerja sesuai dengan perintah. Pada akhir pekerjaan, kontraktor melengkapi suatu faktur yang elektronik yang mempertunjukkan waktu dan bahan-bahan. Mandur penggurus merubahnya dalam faktur dan Detroit Eddison memprosess pembayaran tanpa menyesuiakan dengan setiap data.

Aplikasi ini merupakan contoh terbaik dari penggunaan tekhnologi untuk secara besar mengurangi pekerjaan tulis menulis. Detroit Eddison tidak memebutuhkan sistem gambaran biaya; penggunaan yang pandai dari tekhnologi alternatif yang murah melakukan pekerjaan mereka.

Suara Peramal meramalkan bahwa input suara dapat merubah cara kita bekerja dengan komputer. Sekarang ini persediaan sistem input suara pada umumnya sangat terbatas. Sistem ini biasa digunakan untuk memasukan alamat-alamat dalam paket pada garis pendek atau bagian pengelompokkan. Pada dasarnya sistem mengenali sedikit kata-kata ucapan dan mengijinkan kedua tangan pengguna bebas pada saat bekerja.

Kelanjutan pengenalan suara merupakan tantangan yang sulit. Komputer harus menganalisa ucapan dan mengidentifikasi kata-kata. Sistem yang diuraikan sebelumnya adalah sistem kata terpisah; pengguna harus mempertahankan jeda antar kata. pengenalan ucapan berkelanjutan, tidak dituntut untuk berhenti sejenak. Sistem ucapan berkelajutan menuntut kosakata yang lebih besar daripada sistem terpisah, dan bhasa ucapan yang memiliki dua arti menyebabkan tambahan kesuliatan. Apa arti dari " waktu terbang seperti anak panah"? munculnya pengenalan ucapan berkelanjutan sebenarnya merubah secara dramatis cara kita berinteraksi dengan komputer, tetapi kita tidak memperhitungkan memiliki tekhnologi ini dengan seketika di masa depan.

Layar sentuh Tekhnologi ini menyediakan alternatif yang baik bagi pemakai ketika memasukan data ke keyboard dibatasi. Dengan menyentuhkan jari dia ke layar, pengguna mengidentifikasi pilihan apa yang diinginkannya. Bank dapat menggunakan layar sentuh untuk ATM. Pabrik memiliki layar sentuh bagi seorang operator untuk mengatur test pada mesin kualitas kontrol. American Stock Exchange menggunakan layar sentuh untuk memasukan beberapa jenis kutipan. Jenis input ini cocok ketika ada sejumlah informasi kecil yang harus dimasukan, khususnya ketika tidak mau menggunakan keyboard.

Mouse Pengguna PC sering bekerja dengan alat input yang disebut mouse, dengan memerintahkan kursor disekitar layar; menekan tombol di mouse mengirimkan perintah-perintah ke proram. Mouse adalah bagian penting dari jalur komputer Macintosh dari Apple. Alat penghubung dari mesin ini menonjolkan objek-objek di layar yang disebut icon; menempatkan kursor pada suatu icon dan menekan tombol di mouse untuk memilih item, yaitu menghasilkan perintah yang ditandai dengan icon. Tipe alat penghubung ini disebut object-oriented (objek orientasi) dan alat ini telah meningkat dengan populer.

Peralatan output

Printer laser Alat output yang paling sesuai untuk komputer personal adalah printer laser. Alat ini memprint secara umum dengan resolusi 300 dpi dan menghasilkan output kualitas huruf . proses print laser mirip dengan tekhnologi fotocopy dan prin laser ini sangat cepat jik adibandingkan dengan tehnik alternatif untuk memeperoleh output hard-copy dari komputer. Minis dan Mainframejuga dapat menggunakan prin laser, alat berkecepatan tinggi ini mencetak (print) 30 sampai 40 halaman per menit; banyak output dari komputer proses transaksi diselesaikan menggunakan print laser. Laser menawarkan bermacam-macam ukuran dan jenis dari print dan menghasilkan output kualitas tinggi.

printer impact (Impact printer) Printer impact yang ditemukan di banyak PC cenderung lebih murah dibandingkan printer laser. Printer titik-matrix sebenarnya membuat cetakan/tiruan pada kertas; palu menekan kabel melawan pita untuk mencetak suatu karakter. Makin banyak kabel dalam matrix, semakin tinggi kualitas cetakan karakter. Printer impact yang lainnya sebenarnya memiliki peluru karakter seperti mesin tik. Printer impact kecepatan tinggi untuk mainframe berkekuatan mencetak 2000 garis per menit. Untuk komputer personal, printer impact lebih lambat dari pada printer laser, tetapi printer impact lebih murah dibandingkan printer laser.

Printer nonimpact (nonimpact printer) Printer laser adalah printer nonimpact yang menghasilkan satu halaman pada waktu yang sama. Ada printer nonimpact lain yang menonjolkan keanekaragaman tekhnologi. Salah satu tipe printer yang menyemburkan pancaran tinta pada kertas untuk membentuk karakter. Printer nonimpact yang lain menggunakan kertas termal (yang berkenaan dengan panas) dan menghasilakn karakter dengan memanskan titik untuk menampilkan karakter.

Suara Output suara telah tersedia selam bertahun-tahun. Bank terkadang menyediakan pertanyaan on-line tentang neraca rekening; mencocokkan nomor rekening seseorang kemudian menghasilkan tanggapan audio dari neraca rekening. Output suara digunakan intensif untuk informasi telepon. Operator informasi mengindikasi angka yang ditampilkan pada terminal adalah angka yang benar, dan komputer menghasilkan tanggapan suara. Operator bebas untuk menjawab panggilan yang lain sementara pesan pertama diputar.

Grafik Pengguna komputer personal sering menggunakan mesin mereka untuk menyiapkan presentasi. Alat output grafik menyalakan display komputer kedalam output presentasi. Alat sederhana yang digunakan adalah plotter; plotter menggambar teks dan gambar pada kertas atau transparansi untuk presentasi. Untuk menghasilkan 35mm tampilan, alat output mampu untuk menyalin gambar layar pada film fotografik.

Mengurangi I/O bottleneck

Ada beraneka ragam tehnik output/input untuk komputer. Walaupun aneka ragam I/O masih sering membosankan. Kebanyakan informasi yang masuk ke komputer dilakukan dengan ditik, dan kemungkinan dunia dipopulasi oleh dua jenis orang-orang yaitu juru ketik dan bukan juru ketik. Bentuk alternatif lain seperti suara, object-oriented, dan layar sentuh menawarkan cara untuk mendorong penggunaan komputer. Salah satu tren penting adalah untuk mengurangi jumlah tenaga manusia yang dilibatkan dalam input; bar coding dan pertukaran elektronik informasi keduanya melayani untuk mengurangi input tenaga kerja.

BAB RANGKUMAN

komputer elektronik sudah meningkatkan dengan nilai yang tidak masuk akal. Sekarang ini komputer desktop memiliki kekuatan lebih dari pada komputer generasi pertama yang mengisi setiap ruangan. Biaya perangkat keras komputer terus menurun sebagai terobosan komputer dalam kelanjutan fabrikasi komponen. Pengguna telah kelimpahan komputer yang berbeda-beda untuk dipilih. Sebagi tambahan, terdapat bermacam-macam persediaan tekhnologi untuk input data ke komputer, untuk menyimpan data, dan untuk menampilakn output dari mesin. Seorang menejer harus memahami beberapa dari alternatif ini agar dapat mengevaluasi dan memilih arsitektur IT untuk perusahaannya ketika merancang aplikasi IT yang khusus.

PERTANYAAN DISKUSI

1. Membedakan antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Yang manakah yang lebih dipilih oleh seorang menejer?

2. Banyak channel data mencuri siklus dari unit prosesing pusat untuk mengakses memori utama. Untuk tujuan apakah channel data mengakses memori?

3. Apa tujuan dari unit kontrol? Bisakah unit kontrol yang sama menagtur lebih dari satu jenis alat?

4. Mengapa perubahan dari generasi pertama sampai generasi kedua komputer tidak memiliki banyak masalah?

5. Mengapa sulit untuk mengubah bahasa mesin dari satu komputer ke bahasa mesin yang lain?

6. Apa keuntungan dari channel data? Berapa banyak logik yang harus dimuat?

7. Buffer (penengah) berlokasi di layanan memori untuk menyimpan data. Contohnya, sekelompok data dimasukan dari pembaca OCR. Bagaimana banyak buffer dapat digunakan untuk mempercepat operasi output/input?

8. Apa keuntungan dari drive optik WORM di disk magnetik?

9. Sebutkan perbedaan antara orientasi karakter dan orientasi kata untuk sebuah komputer? Mana yang anda anggap lebih cepat? Jenis prosesing apa yang cocok untuk keduanya?

10. Apa keuntungan memiliki lebih dari satu alamat (address) dalam suatu instruksi?

11. Beberapa komputer memiliki banyak register untuk mencatat operasi. Apa keuntungan dari kemampuan ini?

12. Persentase dari perangkat keras floating-point meningkatkan harga dari mesin dikarenakan penambahan sirkuit dan register. Apa lagi yang perlu unmtyuk ditambahkan?

13. Kenapa pabrik komputer tertarik dalam keserasian dengan garis mesin? Apakah pabrik menginginkan komputer untuk cocok dengan komputer pabrik lain? Apakah keuntungan dan kerugian dari beberapa strategi?

14. Apa tujuan dari penempatan konter dalam CPU? Apa yang anda kira dari cabang instruksi (GO TO) dalam program dieksekusi?

15. Apa yang dimaksud dengan firmware? Apa keuntungan dan kerugian dari firmware dibandingkan dengan perangkat lunak?

16. Mengapa mempunyai suatu fasilitas penyela untuk menguji yang lebih baik membuat suatu saluran menjadi sibuk?

17. Alasan apa untuk memiliki gudang sekunder? Kenapa tidak hanya denag menambah memori utama?

18. Bagaimana bisa perkembangan tekhnologi memori akses langsung secepat memori utama tetapi memiliki harga yang murah semurah rekaman perubahan prosesing sistem informasi?

19. Apa kerugian dari gudang sekunder?

20. Mengapa ada beberapa ketidak cocokan antara input/output dan kecepatan komputer internal? Bagaiman mengurangi ketidak cocokan ini? I/O apa yang dapat memolong memecahkan masalah ini?

21. Mengapa kita tidak perlu terlalu gembira dengan perkembangan printer kecepatan tinggi?

22. Apa keuntungan dari OCR melalui mark sensing?(mark sensing membaca tanda di kertas, separti jawaban terhadap mesin skor tes). Apa kerugiannya juga?

23. Apa keuntungan dari workstation melalui komputer besar?

24. Faktor apa yang digaris bawahi tren kemajuan network dari personal! komputer (klien) dihubungkan untuk pelayanan file?

25. Apa kegunaan utama dari input suara ke komputer jika semuanya sempurna?

26. Kenapa fitur-fitur rancangan khusus ditambahkan ke CPU?

27. Apa keuntungan dari buffer (simpanan rahasia)? Dibawah kondisi apa buffer chache memory (simpanan rahasia) menampilkan yang terbaik? Atau terburuk?

28. Aplikasi apa yang anda miliki untuk komputer personal anda?
Saya Drs. H. Agus Ruslan, M.MPd setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network dan saya menjamin bahwa bahan ini hasil karya saya sendiri dan sah (tidak ada copyright). .


CATATAN:
Artikel-artikel yang muncul di sini akan tetap di pertanggungjawabkan oleh penulis-penulis artikel masing-masing dan belum tentu mencerminkan sikap, pendapat atau kepercayaan Pendidikan Network.

MODEL IMPLEMENTASI YANG BERHASIL

Judul: MODEL IMPLEMENTASI YANG BERHASIL
Bahan ini cocok untuk Informasi / Pendidikan Umum bagian KOMPUTER / KOMPUTERS.
Nama & E-mail (Penulis): Drs. H. Agus Ruslan, M.MPd
Saya Mohon Pilih di Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ma'arif Bandung
Topik: DESAIN TEKNOLOGI INFORMASI
Tanggal: 2 Juni 2007

MODEL IMPLEMENTASI YANG BERHASIL
GARIS BESAR
Potensi Kegagalan
Implementasi
. Apa yang dimaksud Implementasi?
. Berhasil atau Gagal

Riset terhadap Implementasi
. Sebuah Model Implementasi
. Proses Implementasi
. Strategi Implementasi

Peranan Kelompok Desain (perancang)
. Kerangka Implementasi
. Beberapa Contoh

Sasaran Hasil
1. Pelajaran Memanaj Teknologi Imformasi

Manajemen berkepentingan dalam mensukseskan pengimplementasian sistem informasi. Bagaimana caranya agar kita dapat mengembangkan sebuah sistem yang akan digunakan sekaligus memberikan kontribusi positif trhadap organisasi? Strategi apa dapat anada lakukan untuk mendukung usaha sistem?

2. Menyiapkan diri untuk ikut berpartisipasi dalam Mendesain dan menganalisis sistem

Dalam lingkup luas, proses pengimplementasian suatu sistem dimuali dari sugesti, dengan tahapan kelompok desain menguasai dan mencintai pekerjaannya dan inilah yang memberikan pengaruh sangat besar terhadap kesuksesan suatu aplikasi. Seperti anda berpikir mengkonsultasikan model, dan bagaimana membuat beberapa factor dihubungkan dengan keberhasilan dalam implementasi termasuk perilaku atau tindakan anda dalam sebagai anggota regu desain.

3. Mengubah Organisasi

Agar IT dapat mengubah organisasi maka anda harus berhasil mengimplementasikan sistem baru dengan baik. Karena banyak sistem berpotensi untuk memanfaatkan kopmetisi atau untuk mengubah organisasi dengan melibatkan organisasi lain, anda mungkin berpikir bagaimana inti permasalahan implentasi yang ada dalam bab ini berpengaruh terhadap para pengguna sistem dalam organisasi lain.

Para manajer sering mengeluh atas hasil kerja yang rendah dan tidak sesuai dengan besarnya investasi yang ditanamkan dalam sistem informasi. Banyak pasilitas yaan ada dalam sistem tidak digunakan oleh mereka atau Sistem yang telah dibangun tidak digunakan sama sekali.

. Suatu perusahaan tambang dalam beberapa tahun telah membelanjakan uangnya untuk merancang suatu sistem inventori kompleks pada sebuah divisi paling besar, setalah sistem dijalankan mengakibatkan menipisnya tabungan dan adanya keterbatasan dana perusahaan, akibat dari penerapan sistem tersebut selama beberapa tahun ada di beberapa manajer perusahaan yang tidak setuju dan menentang penerapan sistem baru tersebut.

. Dua sistem computer pada sebuah bank utama diharapkan dapat menghintung jumlah transaksi internal yaitu transaksi penarikan dan pinjaman antar cabang. Dalam laporannya masing-masing sistem membuat nomor dan jumlah yang berbeda, akibatnya manajer bank tersebut meragukan kedua data tersebut karena dianggap tidak konsisten.

. Penjual Komputer besar menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan jasa pengantaran untuk mengembangkan usahanya dengan mendirikan cabang di tempat lain, namun apa yang terjadi setelah beberpa tahun kemudian, investasi yang besar uang dan waktu pada perusahaan itu meninggalkan mereka.

Para manajer dan para pemakai sistem lain menginginkan adanya sistem kerja yang jelas. Dalam bab ini disajikan sebagian permasalahan yang berhubungan dengan implementasi, yang pada dasarnya merupakan proses tingkah laku. Tujuannya adalah untuk mengembangkan strategi implementasi, dan menekan permasalahan sekecil mungkin agar sistem imformasi dapat beroperasi dengan baik.

POTENSI KEGAGALAN

Permasalahan yang diuraikan di atas mempunyai beberapa sumber

. Desain sistem Yang asli

. Alat penghubung sistem dengan para pemakai

. Proses pendesainan dan pengimplementasian

. pengoperasian sistem

Tabel 19-1 Beberapa Potensi Peroblem Sistem

Desain Sistem Original

Dalam Organisasi akan menggunakan sistem perubahan secara sbstansial

Semua fungsi kebutuhan belum tersedia

Database sudah komplit

Prosedur untuk memproses kesalahan informasi

Kesalahan desian dikoreksi secara spesipik

Salah pemerograman

Sistem dapat mengkomunikasikan prolen jaringan

Alat Penghubung dengan Para Pengguna Sistem

Pengguna Sulit memahami Input dan Output

Tampilan (secreen) Input rumit Complex

Para pengguna tidak mendorong input pengembangan

Alat input tidak dapat bekerja deg baik, tidak dapat mendeteksi atau membaca kode

Kekuatan kerja tidak menyediakan pelatihan input pengembangan

Sistem membolehkan kesalahan input sebuah angka besar

Proses Pendesainan dan Penerapan

Para pengguna tidak dapat merundingkan keputusan penting pendesainan

Para pengguna tidak bisa berpartisipasi memberikan motivasi dalam pendesaianan atau penggunaan sistem

Sistem menekan masalah kebutuhan, yang salah satunya tidak begitu penting

Para Desainer (perancang) mengambil keputusan sewenang-wenang menghentikan pekerjaan secara praktis

Para pengguna tidak memanfaatkan waktu untuk mempartisipasikan dengan mengundang yang lain

Proses Pendisainan dan Pemerograman bagian yang membosankan

Ada permasalahan konversi penting dalam kaitan dengan lemahnya perencanaan

Operasi sistem

Sistem mempunyai terkena virus

Waktu Tanggapan tidak cukup

Sistem tak tersedia untuk periode waktu lama atas suatu basis sering

Sistem tidaklah di-backup

Apakah staff tidaklah mau mendengarkan ketika ada permasalahan

Desain (rancangan) dan proses pemerograman

Keberadaan suatu sistem dalam suatu organisasi mungkin sangat tidak disukai ; para karyawan mengecek ulang isi proyek sebab mereka tidak menyukai perubahan yang dapat merubah pekerjaan mereka di dalam organisasi itu. Perancangan sistem yang asli mungkin salah; sebagai contoh, beberapa sistem tidak menyediakan beberapa fungsi yang dibutuhkan perusahaan. Spesifikasi mungkin tidak sempurna atau salah, maka suatu tindakan penting belum tercakup dalam sistem . Sistem tidak boleh bekerja secara teknis; sebagai contoh, di sana boleh terjadi kesalahan tetapi kesalahan tersebut bukan merupaka output dari sistem.

Alat penghubung sistem dengan para pemakai mengacu pada cara yang ditempuh oleh kita dalam hubungannya dengan sistem, sebagai contoh, kesiapan format pencetakan, terminal, PCS dan input bahasa asosiasi mereka, atau mencetak laporan. Di dalam satu sistem, terminal input menjadi sangat diperumit sehingga tak seorangpun menyampaikan data dan akhirnya sistem harus dihentikan.

Menyerahkan implementasi untuk seluruh perubahan asosiasi usaha dengan sebuah sistem baru. Kita mendisain sebuah sistem untuk memperbaiki proses informasi dan perbaikan akibat, sebab kita harus merubah proses informasi yang ada secara procedural. Bab ini memuat sebuah diskusi pengimplementasian karena hal itu merupakanbsesuatu yang penting dalam organisasi.

Akhirnya, operasi suatu sistem menimbulkan issue yang cukup panjang setelah sistem dirancang dan dijalankan. Jika operasional di bagian informasi tidak menghasilkan pelayanan yang baik ( sebagai contoh, mempunyai waktu tanggapan berlebihan atau kurang), sistem tidak akan mencapai potensi mereka.

Implementasi

. Apa yang dimaksud dengan Implementasi?

Implementasi menjadi bagian dari proses rancangan suatu sistem, dan ini juga suatu komponen perubahan keorganisasian. Kita kembang;kan suatu sistem informasi baru untuk merubah prosedur pengolahan informasi yang ada dan sering juga dilakukan untuk merubah organisasi sendiri. Implementasi kita gunakan sebagai istilah supaya tidak dikacaukan dengan tahapan dalam disain sistem. Definisi ini, sering digunakan oleh para professional. Pengertian itu terlalu sempit. Definisi umum mereka biasanya mengacu pada tahap terakhir dari suatu sistem baru.

Definisi kita menekankan implementasi alami jangka panjang; Hal itu menjadi bagian dari suatu proses yang dimulai dengan gagasan paling awal untuk suatu sistem dan akan membawa perubahan. Implementasi akan berakhir ketika operasional dalam organisasi telah terintegrasi dengan baik. Kami memperkirakan bahwa kebanyakan dari implementasi terkait dengan gejala tingkah laku, sejak masyarakat diharapkan untuk merubah aktivitas pengolahan informasi mereka. Implementasi menjadi lebih sulit dan penting seperti disain sistim menjadi lebih radikal; jika suatu film melakukan proyek penataan ulang. Hal itu dilakukan untuk membuat perubahan utama untuk mengurangi biaya-biaya dan meningkatkan produktivitas dalam organisasi.

Berhasil atau Gagal

Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa kita sudah menerapkan suatu sistem dengan sukses? Penelitian belum menyepakati suatu indikator yang apsti untuk keberhasilan implementasi. Satu pendekatan menarik adalah biaya belajar. Dalam evaluasi ini, satu total pembiayaan mengembangkan suatu sistem dan bandingkannya dengan manfaat dolar sebagai hasil sistem.

Dalam teori, ini seperti suatu indikator keberhasilan yang baik, tetapi dalam prakteknya sukar untuk menyediakan perkiraan penuh arti. Dari perbandingan rasio pembiayaan tidak terlalu banyak masalah jika arsip cukup dijaga sepanjang langkah-langkah pengembangan sistem. Bagaimanapun, suatu evaluasi yang bermanfaat dari suatu sistem informasi telah dihindari kebanyakan analis. Bagaimana kita menghargai banyak keuntungan dari ditingkatkannya pengolahan informasi? Dengan transaksi sistem sudah mengakibatkan peningkatan produktivitas dalam proses pekerjaan tulis menulis tanpa suatu peningkatan sebanding dengan biaya. Sistem Kendali operasional, seperti kendali,inventaris yang dulu boleh mengurangi posisi inventory, menyelamatkan simpanan dan biaya-biaya investasi selagi pemeliharaan kualitas pelayanan ada. Karena sistem yang membantu pembuat keputusan atau menyediakan layanan pelanggan, jauh lebih sukar untuk memprediksikan manfaat, dan di sana ada sedikit contoh tentang berbagai usaha . Aplikasi yang paling strategis menghilangkan biaya analisa setelah diinstall dan bekerja untuk beberapa waktu.

Tabel 19-2.

Variabel yang berhubungan dengan Studi Implementasi

Departemen Jawatan penerangan
Kebijakan
Disain sistim praktek
Kebijakan Operasi
Keterlibatan
Pemakai Origination sistem
Keterlibatan dan pengaruh
Penghargaan

Pemakai demografis
Tipe kepribadian
Sejarah Bisnis
Sejarah sosial
Pengalaman masa lalu

Pancang pemakai pribadi
Urgensi Masalah

Sikap Pemakai
Harapan
Hubungan hubungan antar pribadi

Karakteristik Sistem
Mutu
Rampas berguna

Gaya Keputusan
Gaya Teori

Manajemen
Tindakan
Dukungan
Gaya managerial

Dukungan Organisasi
Rampas akses

Capaian Pemakai

Implementasi
Frekwensi pemeriksaan
Laporan Penggunaan
Frekwensi Monitoring penggunaan
Kepuasan Pemakai

A. Model Implementasi

Di sana telah dilakukan sejumlah studi implementasi sistem berbeda, banyak pandangan Lucas, Ginzberg, dan Schultz ( 1991). Dalam pelajaran ini, penulis mengusulkan dan menguji suatu model implementasi untuk para pemakai sistem. Gambar 19-1 adalah suatu model berdasar pada penemuan yang paling penting dari riset studi di atas. Model menyatakan bahwa pancang pemakai pribadi dalam permasalahan yang ditujukan oleh sistem akan merupakan suatu faktor penentu penting yang berguna. Pancang pribadi mengacu pada seberapa daerah sistem penting untuk individu; suatu manager pemasaran diharapkan untuk mempunyai suatu pancang pribadi yang tinggi dalam suatu sistem riset pemasaran yang dia atur menujukan merek itu. Pancang pribadi dihipotesakan untuk dipengaruhi oleh pendukungan tingkatan manajemen untuk suatu sistem. Temuan yang paling konsisten studi implementasi adalah pentingnya dukungan manajemen dan kepemimpinan dalam implementasi yang sukses. Urgensi Masalah mungkin untuk mempengaruhi keinginan pribadi; bila masalah semakin mendesak, maka keinginan pribadi akan lebih tinggi.

Kita harapkan hasrat pribadi mempengaruhi penggunaan secara langsung, asalkan bersifat sukarela dan juga mempengaruhi penggunaannya. Suatu sistem yang dirancang secara buruk tampaknya tidak dapat dipakai. Pengguna berbagai kelompok umur dan pengalaman dengan komputer masa lalu mungkin memberikan dampak pada penggunaan sistem. Dukungan organisator harus mengacu pada tindakan yang membuat suatu sistem mudah untuk diunakan sebagai contoh, para pengguna yang sudah mau menggunakan sistem itu meningkatkan keinginannya untuk mengakses sistem; jika seorang pemakai harus meninggalkan kantor kemudian menemukan prekuensi pemakaian PC lebih jarang dibanding ketika PC itu ditempatkan prtama kali; suatu model menyatakan bahwa tingkat keguanaan paling tinggi memberikan kepuasan tingkat tinggi dan sebaliknya. Bila penggunaannya rendah maka kepuasannyapun rendah pula, tingkat kepuasan tinggi pada suatu sistem mungkin dapat dipakai untuk meningkatkan prekuensi penggunaan.

Walaupun tidak ada bukti kuat, penggunaan teknologi itu jelas berhubungan dengan individu maupun tujuan yang sudah dipastikan dalam kejadian tertentu. Hubungan ini nampaknya akan kompleks. Sebagai contoh, satu studi menemukan bahwa tingginya frekuensi transaksi penjualan mengangkat wakilnya untuk menggunakan sistem keluaran yang akan bekerja bersama para pembeli di dalam suatu toko untuk menggambarkan order dari luar. Low-Perfoming wakil penjualan juga menggunakan keluaran sistem, tetapi mereka memusatkan perhatiannya pada informasi untuk memantau transaksi kalau-kalau terjadi kesalahan. Beberapa perusahaan dalam bidang teknologi nampak telah melakukan pengurangan biaya-biaya atau meningkatkan pendapatan. Untuk mencari hubungan sebab akibat dalam situasi sperti itu sangat rumit karena variabelnya pada suatu waktu bisa berubah-ubah.

Proses Implementasi

Riset uraikan di atas sukses dengan variabel atau faktor yang adalah pikir untuk dihubungkan dengan implementasi sukses. Ada juga suatu sekolah atau institusi yang mempunyai pikiran menekankan proses implementasi sebagai faktor penentu suksesnya implementasi. Proses Implementasi mengacu pada hubungan antar individu dalam keterlibatannya mengembangkan suatu sstem. Suatu proses model mungkin memperhatikan berbagai langkah selama implementasi berjalan dan menguraikan bagaimana cara yang berbeda dapat bekerja sama melakukan langkah-langkah ini.

Model Proses meliputi langkah-langkah yang diuraikan secara singkat pada Tabel 19-3. Model ini menekankan taks itu berlangsung mendisain. Dalam memahami yang tersirat, bagaimanapun, kita dapat lihat kebutuhan untuk berkonsentrasi pada hubungan antar para perancang dan para pemakai. Sepanjang tahap awal, individu melibatkan diri dan sistem harus mengembangkan kepercayaan dalam wewenang dan sasaran hasil lain. Para perancang harus ingin membantu para pemakai, dan para pemakai harus berkeinginan meluangkan waktu untuk bekerjasama dengan para perancang sebagai bagian dari mereka. Jika mereka tidak dilibatkan dalam pembangan suatu hubungan ccperative tetapi sebagai gantinya menjadi adversarial, sistem dihukum.

Sasaran utama sepanjang proses disain adalah diupayakan agar para pemakai merasa memiliki sistem itu. Ironisnya Para perancang Profesional, hampir tidak pernah menggunakan sistem yang mereka disain itu Pemakai dibiarkan dengan suatu sistem pada akhir suatu proyek; jika pemakai tidak " memiliki" sistem dari sudut pandangan psikologis, maka mungkin sistem tidak akan berhasil. Hal ini telah dibuktikan dalam beberapa riset untuk menunjukkan bahwa langkah penghentian di (dalam) Tabel 13.3 adalah yang paling utama; inilah di mana kita belajar sedangkan para pemakai sudah merasa memiliki dan mempunyai kesanggupan untuk sistem.

Strategi Implementasi

Kita memerlukan suatu strategi implementasi yang mempertimbangkan proses yang rumit untuk menghasilkan rancangan suatu sistem informasi seperti halnya faktor yang dapat mengantar kepada kesuksesan. Kita juga memandang disain sistim sebagai perubahan yang direncanakan pada aktivitas di dalam organisasi. Kita menyatakan lebih awal yang th ereason untuk mengembang;kan suatu sistem informasi baru adalah untuk menciptakan perubahan. Ketidak puasan dengan hadiah situasi merangsang pengembangan suatu sistem informasi baru. Sebagai alternatif, seorang pemakai harus melihat bagaimana teknologi baru dapat digunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kompetitif perusahaan .

Selama bertahun-tahun, artikel dan buku tentang disain sudah menekankan keikutsertaan pemakai di dalam proses disain berdasar pada riset di (dalam) yang psikologi memelihara bahwa suatu pendekatan perubahan berdasar pada keikutsertaan pemakai Apakah hampir bisa dipastikan untuk berhasil. Sebagian dari pertimbangan untuk suatu partipation strategi adalah:

. Keikutsertaan membangun kepercayaan diri sendiri, merupakan sikap yang lebih baik

. Keikutsertaan dapat menantang dan pada hakekatnya dapat memuaskan, serta mendorong ke arah sikap positif.

. Keikutsertaan pada umumnya mengakibatkan kesanggupan lebih untuk berubah; dalam hal ini, komitmen berarti bahwa suatu sistem akan lebih banyak digunakan

. Memposisikan para pengguna menjadi lebih banyak mengetahui tentang perubahan, dan oleh karena itu dapat mengendalikan lebih banyak kualitas teknis sistem yang dilatih lebih baik untuk menggunakan itu.

. Mutu teknis akan lebih baik sebab participasi mengetahui lebih banyak tentang sistem lama dibanding pekerjaan staff (Sistem Informasi).

. Para pemakai mempertahankan sebagian besar kendali berada pada mereka karena hal itu merupakan sikap yang paling baik

PERAN REGU DISAIN

Kebanyakan sistem imformasi saat ini dirancang oleh satu kelompok yang terdiri dari para manajer, pemakai akhir, dan para profesional sistem. IBM tengah mempromosikan suatu pendekatan yang berorientasi kepada regu yang disebut pengembangan joint-application ( JAD), yang menekankan peran regu di dalam disain. Bagaimana cara para pemakai dan sistem analis profesional bekerja sama dalam suatu regu?

Tugas pertama yang digambarkan oleh analis mungkin sekitar spesipikasi keluaran. Pengguna diminta untuk memikirkan informasi untuk mempersiapkan suatu laporan umum menyaring diagram yang mempertunjukkan informasi yang diinginginkan dari sistem itu. Analis menyatakan bahwa pemakai menyimpan pajangan itu untuk beberapa minggu selagi berpikir tentang bagaimana bisa jadi digunakan. Perlukah informasi ada dan tersedia di dalam pemeriksaan secara on-line? Apakah informasi harus diperbaharui secara on-line? Analis, yang mempunyai kemampuan dalam bidang sistem komputer, memberikan pertimbangan alternatif untuk pemakai

Para pemakai dapat membantudengan melakukan wawancara dalam menentukan kebutuhan. untuk suatu sistem baru. Mereka juga berperan untuk meninjau ulang perancangan sistem dengan leluasa. Para pemakai perlu menyampaikan pendapat akhir bagaimana sistem itu berfungsi. Dengan cara ini, para pemakai akan banyak mengetahui tentang sistem dan mengembangkan kepemilikan, salah satu sasaran hasil utama model proses

Sebuah Kerangka Pikir Implementasi

Suatu regu melakukan pendekatan dengn penekanan pada kerjasama dan keikutsertaan mengikuti riset model proses implementasi, tetapi pembahasan tentang faktor diletakkan pada bab yang lebih awal? Strategi Implementasi yang lengkap kami datang dari maerging faktor yang paling utama dengan langkah-langkah proses model ( lihat Tabel 19-4).

Yang dikombinasikan membentak Tabel Gambar 19-1. Selama initiaton, satu kunci sukses mendapatkan suatu sponsor atau juara untuk sistem itu. Tanpa dukungan yang aktip seorang orang senior di dalam organisasi, maka kesempatan untuk berhasil sangat kecil. Dengan cara yang sama, model faktor menyatakan bahwa meminalisir permasalahan adalah suatu strategi baik. Merupakan hal yang sulit untuk menumbuhkan gairah untuk sistem yang membosankan dan tidak mempunyai dampak pada perusahaan. Kita ingin lacate para pemakai dengan suatu pancang dalam problerm dan start untuk memikirkan siapa yang akan jadi ketika sistem dilaksanakan. Pemakai yang demografis tidak bedrada di bawah kendali kami untuk sementara waktu.

Ketika kita sedang mencari jalan pemecahan, kita memerlukan dukungan manajemen untuk menyediakan sumber daya. Ini juga berguna bagi berpikir cost terminologi. Siapa yang membayar biaya-biaya itu untuk menggunakan sistem dan siapa yang memperolehnya? Jika para pemakai diharapkan untuk memerikan masukan tetapi tidak menerima manfaat apapun dari sistem sebab data digunakan hanya oleh manajemen senior, mungkin ada pembalasan kepada sistem itu. Selama explorasi yang kita mulai untuk sistem dapat menentukan dukungan organisasi seperti kita harus mendorong penggunaan. Sepanjang langkah komitmen, sponsor harus menyiapkan organisasi untuk usaha disain, sering dengan menyediakan relaase waktu dan sumber daya untuk regu disain. Satu cara terbaik untuk memperoleh suppot dan untuk menunjukkan bagaimana disain sistim itu berusaha akan memecahkan permasalahan untuk mengembangkan suatu prototype pada beberapa atau semua bagian dari sistem itu. Anda mungkin juga memikirkan pemakai mensurvei untuk memperoleh informasi untuk mendisain.

Selama disain berjalan, kita memerlukan sponsor untuk membantu membuat kebijakan kunci . Sebagai contoh. Jika kita merencanakan suatu EDI aplikasi, apa yang menjadi target pendengar? Bagaimana cara kita mendekati para penyalur dan pelanggan? Apakah manajemen senior mau membicarakan EDI dengan mitra potensial? Ingat bahwa kita ingin menekan permasalahan penting dan mendesak permasalahan ini menuntut suatu disain yang berkualitas tinggi agar dapat mendorong penggunaan.

Pengujian sangat penting bersiap-siap menghadapi instalasi; manajemen dan para pemakai sebagai kemungkinan harus dilibatkan dalam perancangan dan untuk membuktikan test. Pemasngan merupakan bagian yang sulit sebab sistem manapun dirancang untuk Merubah produres. Sebab kita ingin menyelesaikan masalah penting yang mempunyi resiko adalah sangat tinggi. Suatu instalasi digagalkan theatens beberapa komponen kunci organisasi. Kita harus melakukan pengujain dengan penuh hati-hati, suatu cutover rencana yang baik, dan mendapatkan banyak bantuan dari para pemakai untuk keberhasilan instalasi.

Penghentian menandai keberangkatan analis profesional sedangkan penyelesaian disain merupakan tanggung-jawab regu. Jika disain regu telah sukses, para pemakai akan mengembang;kan suatu perasaan kepemilikan terhadap sistem. Sistem yang diinstall akan membantu memecahkan suatu masalah mendesak untuk pemakai stakeholders, dan organisasi akan menyediakan sumber daya yang cukup untuk mendukung sistem tersebut. Para pemakai akan dicukupi dengan menghasilkan sistem.

Ketika sistem operasional tidak selesai, para pemakai akan beruapaya meningkatkan kinerja sistem. Kondisi perbisnisan juga memungkinkan berubah melakukan pemeliharaan secara kontinyu. Oraganisasi harus turus mendukung sistem dengan dengan mengembangka kondisi yang bisa menjamin keabsahan. Staf operasional departemen sistem Informasi harus melakukan pemeliharaan dan perlu mendapatkan umpan balik secara berkala dari para pemakai.

Ini adalah model implementasi yang dikombinasikan dan didaraskan pada riset implementasi yang sudah berpengalaman dapat membantu anda mengembangkan sistem akan digunakan dengan sukses. Ancaman terhadap kesuksesan suatu sistem bermacam-macam sebagaimana dilukiskan pada table 19-1. Berikut adalah suatu strategi implemntasi yang paling baik untuk memaksimalkan kesuksesan proyek disain.

Beberapa Contoh

Prosedur untuk disain sistim yang direkomendasikan di atas telah digunakan untuk pengembangan beberapa sistim informasi dengan sukses. Di dalam satu kejadian, suatu studi kelayakan dan disain sistim telah dilaksanakan untuk suatu grass-roots bekerja keras organisasi. Regu Disain terdiri dari anggota perserikatan, dan fakultas dan para maha siswa dari suatu universitas. Anggota Perserikatan secara umum mempunyai tingkat pendidikan formal rendah, dan regu disain memperhatikan efek teknologi komputer pada perserikatan dan anggota individu nya. Oleh karena perserikatan yang mengorganisir aktivitas yang semerawut, staff perserikatan tidak bisa mempersembahkan waktu yang diperlukannya untuk mengembangkan suatu sistem, walaupun secepatnya beberapa perserikatan secara full-time mengorganisir anggota mulai untuk bekerja pada proyek.

Untuk memulai analisa itu, universitas mendisain regu interviewe memebers perserikatan mengorganisir dan mengumpulkan data pada prosedur sesuai dengan kebutuhan. Setelah bersama-sama menentukan bahwa suatu sistem adalah mungkin, regu disain mengembangkan suatu disain awal. Untuk membalikan kepemilikan sistem di atas ke perserikatan itu dan untuk meyakinka bahwa staff perserikatan bertanggung jawab atas sistem, suatu day-long sesi tinjauan ulang telah diadakan draft sistem. Pada pertemuan ini, presiden perserikatan menerangkan kepada anggota yang mempunyai tugas banyak untuk dilaksanakan akan digantikan oleh suatu komputer, Ia menyatakan bahwa sebagai gantinya bekerja mungkin ingin mempunyai more-insteresting pekerjaan, dan ia minta anggotanya untuk memikirkan bagaimana sistem bisa membantu perserikatan.

Regu Disain memulai pertemuan bagian dari nya dengan stresting bahwa sesi hanya akan sukses jika sedikitnya separuh sistem yang diperkenalkan telah diubah: Regu sedang menawarkan gagasan, tak satu produkpun jadi. Uraian flowcharts dan alat peraga visual tidak digunakan. Sebagai gantinya, suatu pengajaran tambahan sangat sederhana pada sistem komputer mulai dipersentasikan. Para perancang berbicara dari catatan umum dan indeks laporan yang telah didaftar, file, dan masuk pada suatu papan tulis. Perserikatang yang bermotivasi tinggi mengorganisir dengan cepat menyerap hubungan itu antara laporan, file, dan dokumen masukan. Perubahan substansial kepada keadaan belum selesai sistem telah dibuat di depan audien sepanjang pertemuan.

Dalam pertemuan rutin mingguan yang dilakukan berasama para pimpinan perserikatan muncul usulan yang berorientasi pada manajemen. Regu Desian membantu perserkatan mengembangkan spesipikasi penawaran dan pekerjaan untuk membuka konsultasi dengan para setaf yang kemudian konsep itu dapat mengembangkan suatu sistem. Para perancan senganja mengurangi peran mereka ketika perserikatan telah mampu menguasai sistem. Sistem dengan implementasi yang sukses meningkatkan kegunaan yang lebih tinggi, dan para pemakai dari perserikatan dari pucuk pimpinan sampai ke bawah mendapatkan kepuasaan dengan sistem itu.

RINGKASAN

Bab ini membahas penelitian tentang implementasi sistem. Dalam bahasan tersebut dimuat suatu model untuk memandu pengimplementasian yang menekankan pada langkah-langkah pengembangan sebagai factor untuk menuju kesuksesan. Bagian berikutnya membahas tentang pembentukan sebuah regu (kelompok) yang diberikan kewenangan yang luas untuk mendesain rancangan, kemudian juga dibahas mengenai pengendalian kinerja para setap yang sudah professional agar mampu bekerja secara maksimal, Selanjutnya di sini juga dibahas bagaimana mencari variable yang mampu merangsang para pengguna sitem agar dapat mengolah informasi pada computer milik mereka. Dalam bab berikutnya dibahas mengenai penelitian terhadap suatu peristiwa lebih lanjut.
Saya Drs. H. Agus Ruslan, M.MPd setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network dan saya menjamin bahwa bahan ini hasil karya saya sendiri dan sah (tidak ada copyright). .


CATATAN:
Artikel-artikel yang muncul di sini akan tetap di pertanggungjawabkan oleh penulis-penulis artikel masing-masing dan belum tentu mencerminkan sikap, pendapat atau kepercayaan Pendidikan Network.